Cara Menginstal Webcam | Intel Indonesia

 

Cara Menginstal Webcam Wireless

Entah untuk tetap terhubung dengan kerabat yang berada di tempat jauh, melakukan konferensi video dengan klien bisnis, atau untuk pemantauan keamanan, memiliki webcam sangatlah berguna. Webcam tradisional selalu berkabel. Ini berarti, misalnya, bahwa mereka plug-in ke komputer dengan koneksi USB, dan digunakan dalam jarak dekat ke komputer pengguna. Sejumlah komputer, seperti, netbook dan laptop memiliki webcam built-in ke layar untuk penggunaan videoconference yang mudah. Menawarkan fleksibilitas yang lebih banyak lagi, pada praktiknya webcam wireless dapat ditempatkan dan dilihat di mana saja.

Mengapa wireless?

Semua yang wireless adalah jauh lebih nyaman. Dengan webcam wireless, tidak ada kabel kusut yang perlu dicemaskan, dan Anda tidak memerlukan komputer induk untuk melihat feed kamera. Webcam wireless juga menawarkan sejumlah fitur hebat lainnya yang bisa dipertimbangkan. Contohnya, dengan webcam wireless, siapa pun dapat melihat citra kamera dan feed dari mana saja di dunia dengan koneksi Internet. Yaitu, asalkan mereka memiliki izin dan alamat kamera.

Ada beragam kamera yang tersedia untuk bisa dipilih. Anda harus mempertimbangkan hal berikut ini sebelum membeli webcam wireless.

• Webcam wireless akan perlu berkomunikasi dengan router yang tersedia pada network. Dalam dunia networking, termasuk wireless, protokol adalah seperti bahasa. Pastikan router dan webcam Anda dapat berkomunikasi dengan protokol wireless yang sama. Sebagian besar perangkat modern mendukung protokol 802.11n dan juga kompatibel terbalik dengan 802.11g.

• Konfirmasikan metode keamanan komunikasi wireless yang akan saling digunakan webcam dan router. Security setting opsional, namun sangat direkomendasikan. Metode Security antara perangkat bertindak sangat mirip pasangan kunci dan gembok. Menggunakan metode security akan memungkinkan perangkat untuk berfungsi satu sama lain tanpa membiarkan perangkat yang tidak sah lainnya terhubung ke mereka. Dua metode keamanan wireless populer termasuk WEP dan WPA yang lebih kuat.

• Cari tahu tentang fitur manajemen tertanam dari kamera serta pengguna. Untuk terhubung, melihat, dan mengelola webcam wireless, jenis halaman web tertanam biasanya digunakan. Ini berarti, bahwa dengan menggunakan browser web, kamera dapat dikelola dan dilihat secara jarak jauh melalui halaman web yang ditanam ke kamera . Opsi manajemen akan beragam tergantung pembuat dan model kamera.

• Juga pertimbangkan fitur lain seperti resolusi video kamera, dukungan untuk audio, dan/atau built-in microphone, serta pilihan mounting, seperti wall mount, atau standar.

Siap untuk mengkonfigurasi webcam wireless Anda?

Meskipun kamera dan fitur mereka mungkin sedikit berbeda menurut model, instalasi dan konfigurasi biasanya cukup mirip. Sebagai permulaan, webcam wireless biasanya menampilkan port koneksi jaringan fisik sehingga mereka dapat dihubungkan dengan kabel ke jaringan router untuk tujuan setup awal. Hal ini karena tidak setiap network wireless adalah sama, dan kamera mungkin tidak dapat terhubung ke router via wireless tepat setelah keluar dari kotak. Untuk melakukan setup kabel awal, dianjurkan untuk berada di dekat router, daripada titik instalasi utama kamera.

Sering kali, software yang menyertai kamera biasanya digunakan untuk mengkonfigurasi setting kamera tersebut. Wizard akan mendeteksi kamera pada jaringan dan mengonfirmasikan semua setting-nya. Ini adalah sejumlah setting umum.

• Mode wireless. Ad Hoc atau Infrastruktur? Jika Anda ditanya pertanyaan ini, kemungkinan bahwa Anda akan perlu untuk memilih Infrastructure Mode. Ini berarti bahwa kamera Anda akan berkomunikasi dengan router untuk akses Internet, dan bukan masing-masing perangkat seperti komputer.

• Informasi Jaringan. Kamera Anda akan butuh IP Address. Jika Anda menggunakan alamat IP statis, Anda akan perlu mengonsultasikan router Anda. Kemungkinan bahwa DHCP sedang digunakan, yang berarti kamera menerima alamat IP dari router. Catatlah bahwa ada hal-hal seperti alamat IP pribadi, dan alamat IP publik. Kamera Anda kemungkinan menggunakan alamat IP pribadi. Ini berarti bahwa hanya dapat dilihat dari jaringan lokal dan bukan dari Internet. Pengetahuan teknis canggih, dan manual pemilik dapat memberikan bantuan untuk membuat kamera tersedia untuk umum.

Wireless webcam akan perlu dikonfigurasi untuk berkomunikasi dengan router. Ini berarti memilih protocol umum untuk perangkat untuk berkomunikasi. Pastikan untuk memilih protokol wireless yang sama dengan yang dikonfigurasikan untuk digunakan router.

• Service Set Identifier (SSID). Ini nama jaringan. Konsultasikan router Anda untuk nama jaringan jika Anda tidak tahu.

• Pengaturan Keamanan. Jika kamera mendukung pengaturan keamanan, seperti, WEP atau WPA, secara opsional Anda bisa mengatur setting tersebut.

• Administrasi Kredensial. Dalam rangka untuk mengakses webpage konfigurasi kamera, nama pengguna administratif dan password akan perlu dibuat. Berikan informasi ini ketika ditanya.

• Nama Kamera. Kamera dapat diberi nama untuk memudahkan pengelolaan dan akses. Dengan menggunakan kemajuan pengetahuan, setup, dan/atau alat pihak ketiga, kamera dapat diakses menurut nama dan manajemen, bukan dengan alamat IP.

Menggunakan kamera! 

Setelah konfigurasi telah selesai, kamera dapat dipasang di lokasi permanen, secara wireless. Kemudian dengan memasukkan alamat IP kamera di web browser, feed kamera akan dapat dilihat.

Troubleshooting?

Jika Anda mengalami kesulitan mengkonfigurasi atau melihat kamera Anda, pastikan untuk memeriksa setiap antivirus, firewall, atau setting pada komputer tempat Anda melihat. Halaman dukungan pada situs manufaktur kamera juga dapat menawarkan tips untuk masalah umum.

Baca Inside Scoop untuk pemikiran kami mengenai teknologi, hidup dan budaya.

Informasi Produk dan Kinerja