Cara Berbagi File Antara Dua Komputer | Intel Indonesia

 

Cara Berbagi File Antara Dua Komputer

Semakin banyak rumah tangga yang sekarang memiliki lebih dari satu komputer. Sering kali ini berarti melompat dari satu mesin ke mesin lain untuk menemukan dokumen atau file yang Anda butuhkan. Kecuali, entu saja, Anda berbagi file antara komputer menggunakan network rumah. Proses ini bahkan menjadi lebih mudah dengan Windows 7*, yang dilengkapi dengan fitur Homegroup.

Membentuk Homegroup

Untuk mulai berbagi file antara komputer, Anda akan perlu membuat sebuah homegroup, yang sebenarnya merupakan kumpulan komputer yang dapat berbagi file.

  • Akses Control Panel dari Menu Start
  • Pastikan opsi ditampilkan sesuai dengan kategori di kanan atas layar.
  • Cari kategori "Network and Internet". Klik link "Choose homegroup and sharing options”.

Ini adalah tempat Anda bisa membuat homegroup untuk berbagi file antara komputer atau mengakses homegroup yang ada untuk digunakan pada mesin lain.

  • Jika "There is currently no homegroup on the network": Klik link di bagian bawah layar yang menyebutkan"Create a Homegroup".
  • Jika "This computer belongs to a homegroup": Klik link untuk "View or print the homegroup password”.

Pada titik ini, Anda akan dapat memutuskan apa jenis file yang ingin berbagi antara dua komputer. Opsinya adalah gambar, dokumen, musik, printer, serta video, dan Anda dapat memilih untuk berbagi kombinasi apa pun dari jenis file tersebut. Setelah Anda membuat pilihan itu, Windows 7 akan memberikan password alfanumerik yang harus Anda simpan di tempat aman. Anda akan membutuhkan password ini untuk mengatur homegroup di komputer lain di rumah Anda.

Mengakses Komputer Windows 7* Lain di Homegroup

Semua yang tersisa untuk dilakukan sebelum Anda dapat berbagi file antara komputer adalah mengakses homegroup tersebut dari komputer lain. Untuk melakukan ini di Windows 7, Anda akan perlu menghidupkan mesin, klik pada menu start, dan akses panel kontrol seperti sebelumnya. Temukan link untuk "Choose homegroup and sharing options" di bawah kategori "Network and Internet".

Alih-alih membuat homegroup baru, Anda akan melihat kotak peringatan yang memberi tahu bahwa sebuahhomegroup telah terdeteksi pada network Anda. Klik tombol "Join Now". Anda akan memasukkan password yang Anda simpan dari komputer lain dan pilih jenis file seperti sebelumnya.

Tunggu beberapa saat sementara sambungan dibuat, setelah itu Anda siap untuk berbagi file antara komputer.

Mengakses File Bersama

Jika Anda ingin meminimalkan klik yang diperlukan untuk mengakses berbagi file antara komputer, Anda dapat membuat shortcut pada desktop Anda. Cara termudah melakukannya adalah dengan membuat shortcut pada desktop Anda.

  • Klik menu start, lalu tombol "Computer" di bagian sebelah kanan menu.
  • Klik dobel hard disk drive (biasanya "C").
  • Klik dobel folder "Pengguna" pada layar berikutnya.
  • Klik kanan folder "Public" dan klik "Create shortcut".
  • Ubah nama short cut folder menjadi apa pun yang Anda suka, lalu drag ke desktop.

Sekarang Anda telah siap mentransfer file antara komputer, berbagi dokumen, stream musik, berbagi printer, dan hal lain yang ingin Anda masukkan pada Homegroup.

Baca Inside Scoop untuk pemikiran kami mengenai teknologi, hidup dan budaya.

Informasi Produk dan Kinerja