Cara Memindahkan File dari Pc ke Pc | Intel Indonesia

 

Tips Teknologi: Cara Memindahkan


File ke Komputer Baru

Membeli komputer baru hampir sama seperti mendekorasi ulang rumah Anda. Intinya adalah menyesuaikan keadaan sekeliling Anda untuk membuat rumah menjadi semakin nyaman. Hal yang sama berlaku saat membeli komputer baru, baik berupa PC All-In-One, laptop, atau Ultrabook. Setelah tiba di rumah, hal pertama yang ingin Anda lakukan adalah memindahkan file dari komputer lama sehingga Anda punya semua hal yang Anda butuhkan tepat di depan Anda.

Jika Anda tak yakin harus memulai dari mana, kami memiliki bantuan yang Anda perlukan tentang cara memindahkan file dari PC ke PC, cara memindahkan musik dari komputer ke komputer, pentingnya sinkronisasi file, dan cara menghapus hard drive sehingga Anda dapat menyingkirkan komputer lama Anda tanpa takut seseorang akan mengetahui kata sandi, informasi bank, atau jurnal pribadi Anda. Baca untuk mempelajari lebih lanjut.

Cara Memindahkan File pada Windows* 7 atau Windows* 8

Windows menawarkan program canggih yang bernama Windows Easy Transfer*, yang memudahkan pemindahan file dari komputer lama ke komputer baru. Yang perlu Anda lakukan hanyalah menemukan proses yang tepat bagi sistem operasi Anda. Pengguna Windows* 7 dan Windows* 8 akan menemukan informasi berguna yang menjadikan prosesnya sangat mudah.

Cara Memindahkan File secara Manual

Jika Anda memilih pemindahan file secara manual, dan Anda memiliki hard drive eksternal yang cukup besar untuk menyimpan semua file MP3, foto, dan video, Anda dapat melakukan upgrade hanya dengan menghubungkan komputer lama Anda ke drive eksternal, klik dan seret file, kemudian memindahkan file tersebut dari drive eksternal ke komputer baru Anda.

Memindahkan File dari Mac ke PC atau ke Mac

Anda dapat melakukan langkah yang sama seperti pemindahan file secara manual di atas dengan menghubungkan hard drive eksternal ke komputer baru dengan kabel USB dan memindahkan file secara manual. Atau, jika kedua komputer memiliki Firewire, Anda dapat memindahkan file tanpa hard drive eksternal.

Memindahkan Program ke Komputer Baru

Terkadang, tak hanya data yang ingin Anda pindahkan dari komputer lama. Anda mungkin juga ingin memindahkan beberapa program dan aplikasi favorit Anda. Satu-satunya masalah adalah Anda perlu meng-upgrade program dan aplikasi tersebut agar kompatibel dengan komputer baru Anda. Jika Anda menggunakan Windows Easy Transfer untuk memindahkan data dari satu komputer ke komputer lain, Anda juga akan mendapat rekomendasi aplikasi dan program mana yang mungkin ingin Anda instal di mesin baru Anda.

Memastikan Keamanan Data

Jangan lupa pentingnya mencadangkan data jika Anda menyimpan semua file secara lokal di komputer. Jika Anda menggunakan penyimpanan awan(cloud) pribadi, Anda sudah selangkah lebih maju. Tanpa pencadangan yang baik, Anda bisa kehilangan segalanya, dan bila demikian apakah Minggu sore Anda akan menyenangkan? Tentu tidak.

Jika Anda memiliki hard drive eksternal, mencadangkan data setiap malam menjadi semudah melakukan sinkronisasi file pada Windows Sync Center*. Untuk menemukannya, klik tombol Start dan ketikkan "sync center" dalam bidang pencarian program. Dengan mengikuti instruksi panduan, Anda bisa mengatur sinkronisasi terjadwal sehingga data pada komputer Anda dicadangkan secara rutin.

Jika Anda memiliki komputer Mac, Anda punya berbagai pilihan dan platform untuk mencadangkan data, tergantung pada versi OS X* yang dijalankan. Pilihannya bervariasi, mulai dari iCloud* hingga program seperti Time Machine* dan Time Capsule*.

Cara Menghapus Hard Drive

Ingatlah, memindahkan file dari komputer Anda tidak berarti memusnahkannya. Salah satu cara terbaik untuk membersihkan hard drive (atau “menghapus”) adalah dengan menggunakan program perangkat lunak pihak ketiga yang akan menghapus semua jejak informasi yang pernah ada di hard drive Anda. Ini memungkinkan Anda memberikan PC lama Anda ke orang lain tanpa khawatir tentang informasi bank atau kata sandi yang tersisa. Cukup cari program perangkat lunak "data destruction (pemusnahan data)" yang dapat Anda temukan secara online dan gratis.

Informasi Produk dan Kinerja